Author Archives: FISIP UHT

Lembaga Pusat Karir UHT Surabaya bersama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UHT agendakan Seminar Kewirausahaan bagi Mahasiswa

Category : Berita

Diklat seminar Kewirausahaan yang bertajuk Be A Young Entrepreneur ? Ready ? Start  Grow ! pada tanggal 24-25 Juni 2019 di gedung Fanny kelas Teater 200 B, FKG-UHT di ikuti dengan 150 orang mahasiswa perwakilan masing masing dari Prodi Fakultas di Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya.

Dilokasi acara peserta seminar Diklat yang hadir dimanjakan dengan bebagai sumber Data dan Jawaban yang sangat beragam dan memuaskan dari para Nara Sumber pembicara yang bergantian hadir diundang oleh panitia pelaksana acara, dari Lembaga Pusat Karir Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya.

Di forum ini peserta seminar Diklat diajari mulai awal bagaimana pemula Bisnis mencari peluang dan Trik trik cara mengelola Bisnis dengan baik dan benar, dan sekaligus bagaimana cara mengawalinya untuk mendapatkan modal awal usaha, mengelola sumber modal usaha, dengan baik dan benar.

Adapun 6 (Enam) orang sebagai Nara Sumber pembicara adalah: DR. Indra C.Uno (pemilik Co. Founder OK Oce), Dr. Budi Rianto. M.Si, (Dosen Magister Administrasi dan Kebijakan publik FISIP UHT), Drs. Ruli Kusumahadi, (Tenaga Ahli BDC Klinik KUKM Jatim), Ir. Estu Hariyanto, M.M, (Kepala seksi Promosi Dinkop dan UKM Jatim), Arief Abdurrahman, ST.MT,( Ka Subdik Konseling ITS) dan Heni Prasetyorini (selaku Founder kelasku Digital).

Acara Diklat Kewirausahaan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor (WR) I UHT Dr. Hj. Dian Mulawarmanti, drg. MS, mewakili Rektor UHT, Dr. Ir. Sudirman, S.IP., SE., M.AP., MH. Hadir dalam acara pembukaan seminar Diklat Kewirausahaan: WR III, Dekan FISIP, Hukum, WD II FK UHT, Direktur PDP, Kepala KS. Humas UHT, Dosen.

Menurut Kepala Lembaga Pusat Karir UHT Dr. Nirmalasari Idha Wijaya, S.Pi., M.Si, “Lembaganya sengaja menggandeng prodi Administrasi Bisnis FISIP UHT karena minat wirausaha yang ada dan banyak yang sudah terbentuk di Prodi Bisnis FISIP ini, dan menyiapkan agenda materi ini berharap agar seluruh mahasiswa peserta Diklat yang hadir, minat kewirausahaan yang ada pada saat ini tetap di pupuk dan dikembangkan lebih lanjut agar semakin maju berkembang menjadi satu atau beberapa bagian dari wirausaha yang baru lagi secara berkelanjutan”.


Selamat Hari Pelaut Sedunia

Category : Berita , Semua Pos

Civitas Akademika Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hang Tuah Surabaya Mengucapkan

“Selamat Hari Pelaut Sedunia. Ingatlah bahwa kehidupan pelaut dan masa depan maritim adalah tanggung jawab bersama, mari jaga lingkungan hidup termasuk laut Indonesia, semoga sektor perikanan dan kelautan Indonesia dapat berjaya dan perekonomian para nelayan semakin meningkat.

Sejahtera terus para pelaut Indonesia, Hari ini dan hari selamanya, lawan getirnya hidup serta jurang kemiskinan dengan pendidikan dan teknologi, saatnya jadikan momentum bagi pekerja di sektor perikanan laut yang bermartabat dan ramah lingkungan hidup”





Prodi MAP Capai Akreditasi B Dengan Nilai 337

Category : Berita , Pengumuman , Semua Pos

Selamat dan Sukses untuk Prodi MAP atas AKREDITASI B dengan nilai 337* (ada kenaikan dari akreditasi sebelumnya 321).

Terimakasih kami sampaikan kpd:

  1. Yayasan Nala
  2. Rektor, Para WR, Ka.UPT dan Kabiro atas dukungan dan arahannya.
  3. Dekan, Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2 FISIP,
    Tim Akreditasi Prodi khususnya Kaprodi MAP, sekprodi MAP dan staf FISIP atas kerjakerasnya.
  4. Seluruh Dosen Tetap dan Tidak Tetap FISIP yg telah mendukung dlm penyusunan borang dan visitasi
  5. Mahasiswa dan Alumni yg telah mendukung dlm visitasi dan penyusunan borang
  6. Semua pihak yg tdk bisa kami sebutkan satu persatu yang telah berkontribusi baik besar maupun kecil, sedikit atau banyak tetapi semua memberikan kinerja yg baik dan ikhlas. Semoga Tuhan senantiasa merahmati setiap usaha keras kita semua dlm memberikan yg terbaik bagi negeri ini.

Melalui situs http://pusatkarir.hangtuah.ac.id/ diharapkan seluruh alumni UHT dapat berpartisipasi mendukung pelaksanaan Tracer Study UHT tahun 2019

Category : Berita , Pengumuman , Semua Pos

Edaran Direktorat Pembelajaran Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti Jakarta melalui surat Lembaga Layanan Dikti nomor 0596/L7/KM/2019 meminta laporan hasil Tracer Study tahun 2019 dari seluruh Perguruan Tinggi.

Menindaklanjuti edaran tersebut, Kepala Pusat Karir Universitas Hang Tuah (PK-UHT) Dr. Nirmalasari Idha Wijaya, S.Pi., M.Si, telah menyiapkan instrumen tracer study UHT untuk seluruh personel Alumni UHT dari 19 prodi yang ada di UHT, pada laman website PK-UHT http://pusatkarir.hangtuah.ac.id.

Seluruh personel alumni UHT yang telah lulus dan tersebar ke seluruh penjuru pelosok tanah air, diharapkan oleh lembaga Pusat Karir (PK-UHT) berkantor di gedung Pulau Kisar lokasi Kampus Laut Biru UHT Keputih Surabaya, untuk ikut berpartisipasi mendukung program Belmawa Kemenristekdikti dengan cara melengkapi data data diri yang bersangkutan sebagai responden tracer study dalam Web resmi PK-UHT, http://pusatkarir.hangtuah.ac.id.

Alumni UHT hanya perlu mendaftar sebagai member pada web http://pusatkarir.hangtuah.ac.id (Gratis), selanjutnya alumni akan mendapatkan balasan email dari PK-UHT yang berisi nomor PIN yang dapat digunakan sebagai kunci akses untuk pengisian kuisioner Tracer Studi.

Selanjutnya, hasil dari pengisian tracer study oleh personel alumni UHT, akan digunakan oleh Pusat Karir-UHT untuk mengetahui seberapa besar alumni UHT terserap dalam dunia kerja dan untuk mengevaluasi apakah kurikulum yang telah di terapkan oleh kampus UHT sudah sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan industri. Ks.humas@uht


FISIP-UHT Surabaya Kedatangan Tim Asesor BAN-PT www.hangtuah.ac.id

Category : Berita , Semua Pos

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdiri sejak tahun 1994. Sampai hari ini Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia, masih aktif mendelegasikan tugas pokoknya Asessor untuk kunjungan Akreditasinya survey di lembaga lembaga Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Indonesia..

Bertujuan untuk memberi Up Date Data akhir penjaminan mutu eksternal dan pengakuan Formal, kaitan keabsahan mutu dari satu Perguruan Tinggi berikut Prodinya sebagai lembaga pendidikan berkualitas terakreditasi, kepada Masyarakat luas, terutama yang menyangkut kaitan dengan Validitas lembaga Perguruan Tinggi setempat,

Selasa, 02 April 2019, melalui Asessor yang di tunjuk Ristekdikti, BAN-PT melakukan aksi penilaian dan penjaminan mutu terhadap Lembaga pendidikan Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Indonesia, dan kali ini Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Dr. Hasniati, S. Sos., M.Si (Universitas Hasanuddin) & Dr.,Mujibur Rahman Khairul Muluk, S. Sos., M.Si. (Universitas Brawijaya) melakukan Akreditasi di Prodi Magister Administrasi dan Kebijakan Publik (MAP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya selama 3 (Tiga) hari.

Kedatangan 2 (Dua) tim Asessor BAN-PT disambut Rektor UHT Dr. Ir. Sudirman, S.IP., SE., M.AP, M.H, Wakil Rektor (WR) I UHT Dr. Dian Mulawarmanti, drg. MS, WR II UHT Bambang Sucahyo, drg., Sp.Ort, Dekan FISIP, Herman, S.Sos., M.SM, Ka. Prodi M.AP, Dr. Arie Ambarwati, SP.,M.Pd, Kaprodi Administrasi Publik Deasy Ariffiani, SIP., M.Si, Kepala Humas UHT, Dr. Ir. Akhmad Basuki Widodo, M.Sc, MRINA  di ruang rapat Rektor Gd. Rektorat (Pulau Enggano) UHT.

Bertempat di Gd. FISIP Pulau Brast. Kampus Laut Biru UHT Keputih, Surabaya acara pembukaan Akreditasi oleh Dekan FISIP yang dilanjutkan dengan Visitasi Asessor membahas kelengkapan Borang .

Harapan akhir Dekan FISIP-UHT, selesainya akhir dari Visitasi verifikasi Akreditasi di Prodi Magister Administrasi dan Kebijakan Publik (MAP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya, bisa dapat meningkatkan nilai Akreditasi semula B meningkat menjadi A. ks.humas@uht.

Terimakasih untuk semua pihak yang telah membantu pelaksanaan asesmen lapangan prodi MAP Helda, Nadia, Shafura, Rohma, Sasti, Yogi, Muhammad Syarifudin


Wujudkan Dosen 4.0: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UHT Adakan Pelatihan dan Workshop bagi Para Dosen

Category : Berita , Semua Pos

Jumat, (29/03/19) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik (FISIP) Universitas Hang Tuah mengadakan Pelatihan dan Workshop bertajuk “Managing Clasroom Effectively for Gen Z Student” yang langsung dipandu oleh Prof. Dr. Anita Lie, MA., Ed sebagai Pakar Pendidikan dan Guru Besar Universitas Widya Mandala. Acara dibuka resmi oleh Herman, S.Sos., M.SM selaku Dekan FISIP UHT dan berharap agar acara ini menjadikan sebuah wawasan baru bagi para Dosen dalam menghadapi para mahasiswa generasi Z seperti saat ini.

Sambutan Dekan FISIP sebagai Pembuka Acara Pelatihan dan Workshop

“Harapannya dengan adanya acara ini, dapat membuka wawasan para dosen dan dapat meningkatkan metode pembelajaran yang sesuai dengan generasi Z, dimana terdapat Gap budaya antar dosen yang sebagian besar dari Gen X & Y (millennial). Dan juga menjadikan Shock Culture dengan mahasiswa”. ujar Dekan FISIP UHT saat membuka pelatihan di Gedung FISIP, Jumat (29/03).

“Kita berharap praktik baik yang telah dilatihkan oleh Prof Anita Lee ini menyebar ke seluruh dosen dalam upaya perbaikan metode pembelajaran,” tambahnya.

Pelatihan ini dihadiri oleh para dosen FISIP dan juga beberapa dosen fakultas lain dari UHT dan memberikan strategi pembelajaran inovatif bagi para mahasiswa.  Salah satu tujuan pelatihan ini adalah agar para dosen di tingkat fakultas peka terhadap perubahan dan gaya pembelajaran yang relevan dan efektif dalam mengatur kelas serta menjadikan pembelajaran yang inovatif.

Prof. Dr. Anita Lie, Ed.D dalam sesi Diskusi dengan Peserta Pelatihan

Dalam Workshop ini, Pemateri memberikan beberapa gambaran tentang tantangan yang terjadi dalam perkuliahan khususnya pada mahasiswa generasi Z, tentang bagaimana perilaku bukan cara mereka dalam proses pembelajaran.

“Dulu Dosen memposisikan diri seakan Safe on the stage yaitu merasa sebagai satu-satunya yang harus diperhatikan didepan, tapi model pembelajaran sekarang dosen harus bisa menjadi Guide on the Side yaitu sebagai pemandu dan fasilitator bagi para mahasiswa dalam proses pembelajaran”. Ujar Prof. Anita Lie ketika memberikan pelatihan.

Banyak hal yang disampaikan dalam pelatihan ini, termasuk pemateri memberikan para peserta studi kasus tentang fenomena atau permasalahan yang kerapkali terjadi antara mahasiswa dan dosen dan bagaimana solusi yang solutif untuk memecahkannya. Para Peserta dikelompokkkan dalam sebuah tim untuk mencari akar permasalahan.

Sementara itu, M. Husni Tamrin salah satu dosen FISIP berharap para dosen bisa membuat mahasiswa yang sekarang ini kebanyakan disebut kaum millenial, merasa nyaman di kampus.

Menurutnya, ciri khas para remaja sekarang mencari suasana dan lingkungan yang membuat mereka merasa betah dan tugas yang tidak membosankan. Oleh karena itu, menurutnya pengembangan soft skill itu menjadi sangat penting dengan model dan metode pembelajaran yang inovatif sehingga dituntut bagi para dosen untuk bisa belajar dan meng-updatemetode yang lebih inovatif.

Pemberian Cinderamata dan Sertifikat kepada Pemateri Oleh Dekan

“Para mahasiswa bukan hanya memahami subjek perkuliahan saja, tapi bagaimana mereka terlibat dalam kegiatan atau diskusi yang bisa mengasah soft skill mereka seperti kerjasama tim, interaksi, komunikasi serta pemanfaatan teknologi informasi. Kerja-kerja yang banyak melibatkan aktivitas bersama akan lebih membuat mereka nyaman sekaligus meningkatkan soft skill mereka,” ujarnya.

Peserta Pelatihan dan Workshop bersama Prof. Dr. Anita Lie, Ed.D (Guru Besar Universitas Widya Mandala)

Husni menambahkan bahwa soft skill seperti kemampuan bekerja sama sangat penting dimiliki mahasiswa karena di dalam dunia kerja yang dibutuhkan adalah kerja sama tim.

“Jadi kurikulum yang dibangun semestinya adalah kurikulum yang mampu mendorong terasahnya soft skill seperti itu,” tambahnya.

Materi Strategi Pembelajaran Inovatif (unduh)

Penulis : Dewantara



Lokasi

Jalan Arief Rachman Hakim No. 150 Sukolilo, Surabaya.