Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang pada awalnya adalah Fakultas Ilmu Administrasi merupakan salah satu fakultas yang terdapat di lingkungan Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya, dengan alamat Jalan Arif Rahman Hakim 150 Surabaya. Keberadaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, bersamaan dengan berdirinya Universitas Hang Tuah, yaitu pada tanggal 12 Mei tahun 1987 yang diresmikan oleh Kepala Staf TNI – AL Laksamana TNI R. Kasenda di Surabaya dengan Akte Notaris R. Soedjono No. 5 tanggal 4 Maret 1987, dan Keputusan Kasal No: Skep/1482/V/1987 tanggal 11 Mei 1987. Sebelumnya Fakultas Ilmu Administrasi menempati gedung bekas Asrama Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL) di Jl. Teluk Bayur No. 6 Surabaya di atas tanah seluas 2,8 hektar dengan 13 ruang kuliah, perpustakaan, perkantoran dan Pengurus Harian Yayasan.

Menapak satu tahun perjalanan, tepatnya tanggal 9 April 1988 pembangunan kampus Universitas Hang Tuah di Sukolilo tahap I diresmikan oleh Kepala Staf TNI-AL (waktu itu Laksamana TNI R Kasenda). Pembangunan kampus tahap pertama ini menempati tanah 10 Ha dari lahan 70 Ha, yang tersedia dan direncanakan. Dalam tempo tidak lebih dari 20 bulan, tepatnya pada tanggal 4 Desember 1989 penggunaan kampus baru Universitas Hang Tuah di Sukolilo diresmikan oleh Kepala Staf TNI-AL Laksamana Madya TNI Muhamad Arifin. Sejak itu penyelenggaraan pendidikan universitas dipindahkan ke kampus baru Sukolilo. Walaupun demikian Fakultas Ilmu Administrasi khususnya Program Studi Ilmu Administrasi Negara/Publik dan beberapa fakultas lainnya masih melaksanakan kegiatannya di kampus Teluk Bayur hingga tahun akademik  2001/2002.

Pada perkembangannya hingga saat ini, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik membina 3 (tiga) porgram studi yaitu Program Studi (S-1) Ilmu Administrasi Publik, Program Studi (S-1) Ilmu Administrasi Bisnis, dan Program Studi (S-2) Magister Administrasi Publik. Ketiga program studi tersebut telah terakreditasi berdasarkan Skep Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi sebagai berikut:

Skep Akreditasi Program Studi

Pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hang Tuah Surabaya

No. Program Studi Peringkat Skep BAN PT
1. Ilmu Administrasi Publik (S-1) A No:468/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014
2. Ilmu Administrasi Bisnis  (S-1) B No:483/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014
3. Magister Administrasi Publik (S-2) B No:079/SK/BAN-PT/Akred/M/III/2014

Program Pascasarjana Magister Adm. Publik (MAP – S-2) dikembangkan sejak tahun 2003 dengan ijin operasional Dirjen Dikti melalui SK DIKTI No. 923/D/T/2003 tanggal 7 Mei 2003 dan diperpanjang melalui SK No. 165/D/T/2005. Program Studi Magister Adm. Publik,  awal berdirinya tahun 2003 berada dalam pengelolaan  Program Pascasarjana Universitas Hang Tuah di bawah tanggungjawab Direktur Pascasarjana yang pertama (Alm) Prof. Dr. Kasijan Romimohtarto, M.Sc. dan selanjutnya digantikan oleh Prof. Dr. Moersidin Moeklas, SH., MH.  Selanjutnya sejak tahun 2008 pengelolaan MAP di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) menjadi Program Studi Magister Administrasi Publik (MAP – S-2).

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hang Tuah  memiliki komitmen kuat pada pengembangan keilmuan yang berbasiskan kompetensi. Hal ini sejalan dengan perkembangan masyarakat modern dewasa ini, dengan salah satu ciri khas yang ditunjukkan semakin tingginya tingkat kompleksitas permasalahan yang berjalan sejajar dengan tuntutan tingkat kebutuhan yang semakin tinggi. Kondisi tersebut menuntut peran organisasi dan kelembagaan menjadi penting. Konfigurasi kondisi tersebut membulatkan komitmen untuk diperlukannya pengembangan keilmuan khususnya pengembangan pada aspek administrasi.


Kalendar Akademik

Lokasi

Jalan Arief Rachman Hakim No. 150 Sukolilo, Surabaya.