Category Archives: Pengumuman


Serah Terima Jabatan Rektor baru Universitas Hang Tuah

Category : Berita , Pengumuman

Serah terima jabatan (Sertijab) merupakan dari sebuah tuntutan waktu, bagian dari sisi kaderisasi personel, bisa juga bagian dari penyegaran dari perjalanan sebuah Organisasi.

Hal yang menarik dan patut disimak dari perjalanan panjang Universitas Hang Tuah (UHT) di usianya ke 33 tahun saat ini adalah: telah mendapatkannya sebuah pengakuan autentik berupa Sertifikasi ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018 tentang Manajemen Pendidikan, serta ada kemajuan pesat terkait dicapainya klusterisasi peringkat Unggulan perguruan tinggi.

Menurut catatan Kepala LL Dikti wilayah VII, Prof. Dr.Ir. Suprapto DEA, dalam pidatonya di hadapan undangan tamu, pada saat acara Wisudawan UHT, adanya peningkatan peringkat yang signifikan di capai oleh UHT terkait klusterisasi nominasi perguruan tinggi unggulan, dan ini bisa di lihat datanya sejak di mulai awal tahun 2016, dimulai dari nominasi peringkat perguruan tinggi urut 162, tahun 2017 meningkat menjadi nominasi urut 14, tahun 2018 masuk peringkat 12 dan di akhir tahun 2019 UHT mencapai puncaknya masuk 10 besar, masuk urut peringkat klusterisasi sebagai kampus unggulan nomor 9.

Alumni AAL XXV, Laksda TNI (Purn) Dr. Ir. Sudirman, S.IP., S.E., M.AP., M.H, sejak: 2014-2016, 2016-2020. Dua kali periode berturut menjabat sebagai Rektor ke 6 (Enam) UHT. Peraih Adhi Makayasa AAL ini telah menunjukkan kemampuannya membuat terobosan manuver nyata, sebagai Motivator dan Inisiator tim membawa Kampus Laut Biru maju ke puncaknya untuk menuju posisi peringkat 129 dari 4.670 perguruan tinggi seluruh Indonesia versi PD. Dikti Nasional.

Selasa, 15 September. Melalui Surat Keputusan Ketua Pembina Yayasan Nala, (Lembaga Pengelola Universitas Hang Tuah (UHT)), ter nomor Kep/70/VII/2020, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan di Yayasan Nala dan Satuan Pendidikan, bertempat di ruang Seminar gedung Rektorat Pulau Enggano Universitas Hang Tuah, Keputih Surabaya, dilaksanakan Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Rektor UHT, dari pejabat lama Laksda TNI (Purn) Dr. Ir. Sudirman, S.IP., S.E., M.AP., M.H kepada pejabat pengganti Rektor UHT baru, Laksda TNI (Purn) Prof. Dr. Ir. Supartono, M.M. CIQaR.

Prof Supartono sebagai alumni AAL XXIX dalam catatan dinas sebelumnya pernah menjabat sebagai Komandan STTAL Surabaya, Sekdiskomlek Mabesal, Kadis Senlekal, Kadisdikal, Kasatwas Universitas Pertahanan (UNHAN), Ka LP3M UNHAN, Warek II Bid Umum dan Keuangan Universitas Pertahanan serta jabatan akhir sebagai Dosen tetap UNHAN.

Senin, 14 September 2020. Satu hari sebelum acara Sertijab dilaksanakan, telah dibacakan berita acara Memorandum Sertijab Rektor, oleh Dr. Sudirman, di hadapan calon pengganti Rektor baru UHT ke 7 (Tuju) Prof. Supartono, dihadapan seluruh pejabat Senat UHT, Guru Besar, Dekan, Direktur PDP, Kasatker terkait.

Upacara Sertijab Rektor berjalan khidmat dan lancar, di awali dengan tradisi, proses pelepasan Kaleng Gordon oleh Irup: Ketua Pengurus Yayasan Nala, Djoko Teguh Wahoyo, SH., M.M. kepada pejabat Rektor UHT lama Dr. Ir. Sudirman, S.IP., SE., M.AP., MH untuk selanjutnya di kalungkan kepada pejabat pengganti Rektor UHT Baru Prof. Dr. Supartono. M.M., CIQaR.

Hadir dalam acara Sertijab Rektor, Anggota Pembina Bidang Umum Yayasan Nala, Ketua Pengawas Yayasan Nala, Kabag Dikpers Yayasan Nala, Pejabat Senat UHT, Wakil Rektor (WR) I, WR II, WR III UHT, Dekan, Direktur PDP, Kasatker


Business Plan Competition Expo 4.0

Category : Berita , Pengumuman

Surabaya, Jumat.13 Maret 2020. Business Plan Competition adalah sebuah wahana ajang lomba kreatifitas Bisnis untuk pemula pelajar SMA, MAN dan SMK sederajat meliputi bidang pengembangan hasil Produksi, Pemasaran dan Keuangan.

Kegiatan ini di selenggarakan, selama 1 hari di lokasi Gedung Graha Samudera Ganesha, Pulau Benggala, kampus Laut Biru Universitas Hang Tuah (UHT), Keputih Surabaya oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Prodi S 1 Administrasi Bisnis.

Acara lomba diikuti oleh 10 tim perwakilan dari SMA sederajat yang telah lolos seleksi untuk tahapan uji awal Proposal yang telah masuk ke meja panitia dan dewan juri, untuk selanjutnya maju menuju ke babak berikutnya penyisihan dan semi Final:

Adapun kesepuluh tim tersebut adalah:

  1. SMA Mazroatul Ulum Lamongan, (Sabun Araleaf)
  2. SMA Mazroatul Ulum Lamongan, (Cendawan Cookies)
  3. SMA Mazroatul Ulum Lamongan, (Berai Ronggeng)
  4. MAN 1 Lamongan, (Chance Nugget)
  5. SMAN 1 Lamongan (Topeas)
  6. SMAN 4 Blitar (Misco)
  7. SMAN 2 Bojonegoro (Siarcoal)
  8. SMK Mas Kumambang Gresik (Teh Ketupat 3 In1)
  9. SMAN 1 Manyar Gresik (Dobika)
  10. SMK Telkom Malang (You C Pineapple)

Acara Business Plan Competition di buka secara resmi oleh Dekan FISIP Herman, S.Sos.M.SM, dengan cara melakukan pemukulan Gong secara simbolis di depan Wakil Dekan (WD) 1 FISIP Deasy Ariffiani, S.IP., M.Si, Kaprodi S1 Administrasi Bisnis Rini Fatmawati, S.Sos., M.SM, Ka Lab Kewira Usahaan Fisip Febrina Hambalah, S.IP., M.BA, Sek Prodi S1  Admin Bisnis, Yanda Bara Kusuma,S.AM., M.AB, Ka Unit Pengembangan Usaha Fisip  Chasan Azari, Drs., M.Ap, Dosen, Hima Fisip dan perwakilan SMA sederajat peserta lomba, serta undangan yang hadir.

Adapun ketiga pemenang Juara yang berhak memboyong Trhopi pemenang Lomba dan Uang pembinaan Tim adalah sebagai berikut:

Juara 1 SMAN 2 Bojonegoro (Siarcoal) Scor:105, Trhopi Juara, Sertifikat dan uang pembinaan tim Rp 2.000.000

Juara 2 MAN 1 Lamongan, (Chance Nugget) Scor:102, Trhopi Juara, Sertifikat dan uang pembinaan tim Rp 1.250.000

Juara 3 SMK Telkom Malang (You C Pineapple) Scor: 95, Trhopi Juara, Sertifikat dan uang pembinaan tim Rp 500.000

Dekan berharap melalui berbagai ajang lomba semacam ini, semoga bisa dapat menumbuh kembangkan Daya Kreatifitas imajinasi para Pelajar dan Mahasiswa dalam pengembangan pembelajaran Bisnis di era 4.0.  ks.humas@uht


Anak Bintara Angkatan Laut Raih Prestasi Tertinggi Akademik Kelulusan Terbaik S1 Administrasi Kebijakan Publik FISIP UHT

Category : Berita , Pengumuman

Pelda Yudi Setiawan Bintara Staf Logistik (SLOG) Koarmada II Ujung, Surabaya bersama sang istri Yuni Astuti beralamat rumah di Villa Jasmine I Blok D/10 Suko Sidoarjo, berdua patut berbangga hati atas keberhasilan sang buah hati putri kandungnya nomor satu dari Dua bersaudara, Lisa Aldini Setiawan (22th).

Dirinya berhasil menyelesaikan tugas program studi S 1 Administrasi Publik, Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya lebih cepat dari pada yang dia duga, dalam waktu dan tempo 7 semester dia selesaikan dan berhasil menyelesaikan kuliah selama 3.5 tahun dengan prestasi hasil terbaik di kelulusan angkatannya S1 Administrasi Publik FISIP UHT semester Gasal TA: 2019/2020, dengan nilai IPK 3.89 (Dengan Pujian).

Alumni MAN 1 Sidoarjo, sebagai mahasiswi administrasi Publik UHT angkatan 2016, Semi Finalis Putra Putri kampus (PPK) Laut Biru 2017, dan sekaligus aktif di kegiatan kampus, Lisa lajang berbintang Pisces 22 Februari 98, singgel dan belum punya pacar serta calon pendamping resmi yang pas, bercerita kepada penulis serta berbagai pengalaman dirinya dalam membeberkan kiat kiat motifasi keberhasilan studinya kepada adik adiknya, “sesibuk apapun kegiatan ekstra UKM kampusnya , jangan pernah melupakan tujuan utama kita datang pertama kali waktu masuk di perguruan tinggi, yaitu untuk belajar menimba ilmu, dan bila ada kesempatan waktu yang luang, manfaatkan dan pergunakan sebaik baiknya untuk mengulang ulang kembali mata kuliah yang sudah pernah di ajarkan oleh Dosen kita untuk selalu di baca dan di pelajari kembali sebagai referensi mata kuliah berikutnya”, Trus untuk kriteria calon pendamping hidupnya, gadis taat beribadah inipun tersenyum malu membeberkan kriteria calon pendampingnya, dengan terbuka dia menuturkan penuh dengan optimis, minimal seakidah se agama, jujur, bertanggung jawab , sayang keluarga, serta mampu mengayomi serta terakhir sebagai calon kepala keluarga kelak yang bersangkutan harus mapan dalam pekerjaan.

Selamat ya Gues, semoga harapan dan cita citamu terwujud…………..Ks.humas@ uht


Yudisium Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Semester Gasal TA 2019/2020 UHT

Category : Berita , Pengumuman

Yudisium Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Semester Gasal TA 2019/2020 UHT. www.hangtuah.ac.id

Rabo, 11 maret 2020. Bertempat di gedung Pulau Selaru lantai III, kampus Laut Biru Universitas Hang Tuah (UHT) Keputih Surabaya, Dekan Fisip UHT, Herman, S.Sos.M.SM membuka resmi acara Penggelaran kelulusan Program Statra 1 dan Statra  2 semester Gasal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) tahun akademik 2019 / 2020 Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya.

Penggelaran ke 18 calon wisudawan, yang terdiri dari 12 calon wisudawan S1 Administrasi Publik, 2 calon wisudawan S1 Administrasi Bisnis dan 4 calon wisudawan Magister Administrasi Publik berlangsung sangat sederhana dan khidmat, acarapun di teruskan dengan penyerahan daftar ke 18 alumni calon wisudawan dari Dekan FISIP kepada ketua ikatan alumni FISIP yang di terimakan langsung kepada perwakilan alumni ibu Lunariana Lubis, ST., M.AP (Dosen Fisip).

Sambutan Dekan FISIP di hadapan para calon wisudawan, Dosen dan perwakilan undangan yang hadir, Dekan memberikan apresiasi yang setinggi tingginya serta ucapan selamat atas prestasi para kelulusan hingga para calon wisudawan dapat berhasil sukses dalam menyelesaikan tugas belajarnya dengan tepat waktu.

Penghargaan atas prestasi kepada lulusan terbaik masing masing prodi serta penghargaan atas nominasi Karya Ilmiah terbaik dan terinovatif kepada masing masing mahasiswa:

1.Lisa Aldini Setiawan, Nim 2016051003.IPK: 3,89 Dengan Pujian, FISIP/ S1 Administrasi Publik.

2.Anisa Wahyu Putri, Nim: 20150520007.IPK: 3.62 Dengan Pujian, FISIP/ Ilmu Administrasi Bisnis.

3.Sugiarto, Nim: 20170530016.IPK: 3.93 Dengan Pujian, FISIP/ Magister Administrasi Publik (S2).

4.Mahmud Ridho Ardi, Nim: 20150530050. IPK: 3.56 Sangat Memuaskan, FISIP/ Magister Administrasi Publik (S2) untuk kategori nominasi (Karya Ilmiah Terbaik dan terinovatif).    Dengan karya judul: “Implementasi Kebijakan Kelautan Indonesia, khusus Diplomasi Maritim di Papua “ ks.humas@uht


Mahasiswa Administrasi Publik Terpilih dalam Program Pertukaran Pelajar ke Malaysia

Category : Berita , Pengumuman

Surabaya (4/12) – Saiman Gea mahasiswa Program Studi Administrasi Publik FISIP angkatan 2018 terpilih dalam program pertukaran pelajar di Universiti Sains Malaysia 2019. Dalam program ini Iman mengemban tugas sebagai delegasi/perwakilan FISIP untuk berkesempatan untuk merasakan class time bersama mahasiswa internasional lainnya. Sesuai Informasi yang diberitakan Program ini akan berlangsung pada Bulan Februari 2020.

Program pertukaran pelajar ini dilaksanakan selama 1 semeter / 6 bulan. Salah satu keuntungan dari program ini, mahaiswa dapat mentransfer mata kuliah yang diikuti selama program. Kegiatan pembelajaran saat student exchange di University Sains Malaysia antara lain adalah mengikuti daily class sesuai major yang diambil, disana mahasiswa mengikuti pembelajaran bersahama mahasiswa-mahaiswa asing lainnya.

Dalam sistem pembelajaran University Sains Malaysia terdapat dua kelas dalam satu mata kuliah, kelas yang pertama adalah kelas besar dimana mahasiswa mendengarkan dosen yang menerangkan dan kelas kedua adalah kelas presentasi dimana mahasiswa mempresentasikan apa yang mereka dapatkan di kelas besar, sehingga mahasiswa dapat dengan maksimal memahami mata kuliah yang ada.

Tidak hanya pembelajaran daily class, Namun ada beberapa Mahasiswa yang dikhususkan mendampingi mahasiwa-mahasiswa yang mengikuti student exchange program, sehingga dapat mempermudah mahasiswa dalam proses pembelajaran di University Sains Malaysia. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan tentang budaya dan ditunjukan tempat-tempat wisata di lingkungan kampus. Selama program berlangsung, mahasiswa tinggal di asrama (dormitory), tempat tinggal tersebut adalah salah satu fasilitas yang didapatkan oleh Mahasiswa yang mengikuti student exchange program. Tentunya banyak sekali keuntungan yang didapat dengan mengikuti kegiatan tersebut, wawasan, pengalaman serta kesempatan yang belum tentu didapat dikesempatan lain.


Selamat dan Sukses Untuk Civitas Akademika Universitas Hang Tuah Surabaya

Category : Berita , Pengumuman

Selamat dan sukses atas pencapaian yang telah di raih oleh Universitas Hang Tuah Surabaya Sebagai perguruan Tinggi dengan Predikat Utama


Selamat dan Sukses Untuk Para Wisudawan FISIP Universitas Hang Tuah Surabaya

Category : Berita , Pengumuman

Sabtu, 28 September 2019 Bertempat di gedung Graha Samudra Ganesa (GSG) Universitas Hang Tuah Surabaya melakukan pagelaran pengukuhan para Wisudawan yang dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai selesai.

Acara pengukuhan Wisudawan kali ini merupakan Wisuda ke 50 D3 & S1 serta Wisudawan ke 28 S2. Kali ini sebanyak 41 mahasiswa FISIP yang terdiri dari Mahasiswa lulusan Strata Satu Administrasi Publik, Strata Satu Administrasi Bisnis dan Magister Administrasi Kebijakan Publik dinobatkan menjadi wisudawan dan mendapatkan gelar atas selesainya masa pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hang Tuah Surabaya. Semoga gelar dan ilmu yang di dapat para lulusan dapat bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama pula Dekan FISIP Herman, S.Sos., M.SM memberikan penghargaan kepada Mahasiswa dengan lulusan terbaik, diantaranya Wisudawan yg mendapat penghargaan sebagai lulusan terbaik adalah:

  1. Ikadona Aliyaturrahma (IPK 3,78) Dengan Pujian, Prodi Administrasi Publik.
  2. Ismia Panca Desfi (IPK 3,80) Dengan Pujian, Prodi Administrasi Bisnis.
  3. Hari Suprajitno (IPK 3,70) Sangat Memuaskan, Prodi Magister Administrasi Publik.



Yudisium Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hang Tuah Surabaya Semester Genap TA. 2018\2019

Category : Berita , Pengumuman

Jumat, 20 September 2019. Bertempat di gedung Pulau Selaru lantai I, Universitas Hang Tuah (UHT) Keputih Surabaya, Dekan Fisip UHT, Herman, S.Sos., M.SM,  melakukan Penggelaran dan Pengukuhan 41 (Empat Puluh Satu) orang mahasiswa kelulusan sarjana strata 1 & strata 2 Magister yang telah selesai menyelesaikan tugas belajarnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hang Tuah (UHT) untuk program studi Administrasi Bisnis & program studi Administrasi Publik semester genap tahun akademik 2018/2019.

Penggelaran dan Pengukuhan ke 41 kelulusan calon wisudawan FISIP UHT yang terdiri dari 19 orang mahasiswa prodi strata 1 Administrasi Publik, 16 orang mahasiswa strata 1 Administrasi Bisnis dan 5 orang mahasiswa strata 2 Magister Administrasi dan Kebijakan Publik.

Dalam pidato sambutan Dekan FISIP dihadapan 46 calon wisudawan, Herman memberikan apresiasi tinggi dan ucapan selamat atas segala prestasi kelulusan hingga keberhasilan kepada segenap calon wisudawan dalam menyelesaikan tugas akhir belajarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan FISIP berkenan memberikan Reward piagam penghargaan prestasi terbaik kepada 3 (Tiga) orang mahasiswanya kelulusan dari masing masing perwakilan Prodi di angkatan nya:

  1. Ikadona Aliyaturrahma (IPK 3,78) Dengan Pujian, Prodi Administrasi Publik.
  2. Ismia Panca Desfi (IPK 3,80) Dengan Pujian, Prodi Administrasi Bisnis.
  3. Hari Suprajitno (IPK 3,70) Sangat Memuaskan, Prodi Magister Administrasi Publik.

Acarapun dilanjut dengan menyerahkan secara simbolis 41 alumni calon wisudawan FISIP UHT dari Dekan kepada Lunariana Lubis, ST., M.AP, perwakilan dari ikatan alumni FISIP UHT Surabaya, serta dilanjutkan dengan memberikan ucapan selamat dari undangan yang hadir kepada 41 orang calon wisudawan.

Dalam pidato sambutan Dekan di depan 41 calon wisudawan dan tamu undangan yang hadir berharap, “kedepannya 41 mahasiswa calon Wisudawan sebagai generasi calon pemimpin, di harapkan sudah mampu dan siap untuk mengamalkan disiplin ilmu nya di tengah tengah masyarakat, Dosen adalah sebagai fasilitator pendamping dan Pembina didalam mentransfer semua disiplin ilmunya kepada mahasiswa sebagai anak didik.”

Hadir dalam acara Yudisium: Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan (FTIK), Dekan Fakultas Kedokteran, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi, Dekan Fakultas Psikologi dan para Dosen.     ks.humas@uht


Kalendar Akademik

Lokasi

Jalan Arief Rachman Hakim No. 150 Sukolilo, Surabaya.