You are here: Home Bagian Laboratorium

Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Hangtuah Surabaya

JA slide show

Lastest News

Laboratorium

E-mail Print PDF

LABORATORIUM FAKULTAS ILMU SOSIAL dan ILMU POLITIK
UNIVERSITAS HANG TUAH

 
Laboratorium Kewirausahaan
Fakultas Ilmu Administrasi
Universitas Hang Tuah
Jl. Arif Rahman Hakim No. 150 Surabaya
Telp: 031-5945864 ext. 503 Fax: 031-5946261
 

Visi
Menjadi wadah pengembangan kewirausahaan bagi dunia usaha berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi serta wahana pemberdayaan ekonomi masyarakat yang berkelanjutan.

Misi
• Menumbuhkembangkan jiwa, sikap, dan perilaku wirausaha di kalangan mahasiswa dan generasi muda pada umumnya.
• Menjadi sarana penelitian langsung di lapangan (action research) mengenai usaha kecil.
• Menjadi wahana pemberdayaan usaha kecil.

Latar Belakang
Pada era global berbagai perubahan terjadi secara cepat di segala aspek kehidupan manusia. Di era global inilah kemandirian manusia dituntut untuk memenangkan kompetisi, karena salah satu ciri dari globalisasi adalah kompetisi. Untuk dapat memenangkan kompetisi, maka suatu negara harus memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dan memenuhi standar kompetensi dunia atau zona tertentu. Sumber daya yang berkualitas hanya akan diperoleh melalui pendidikan yang berkualitas pula.
Secara historis masyarakat Indonesia cenderung memiliki sikap feodal yang diwarisi dari penjajah Belanda. Sebagian besar anggota masyarakat mengharapkan output pendidikan sebagai pekerja, sebab mereka berpandangan bahwa pekerja (terutama pegawai negeri) adalah priayi yang memiliki status sosial cukup tinggi dan disegani oleh warga masyarakat. Hal ini mewarnai orientasi pendidikan bangsa Indonesia. Ironisnya pendidik maupun institusi pendidikan memiliki persepsi yang sama terhadap harapan ouput pendidikan. Apabila hal ini tidak segera diantisipasi, bukan hal yang mustahil suatu saat akan terjadi ledakan pengangguran terdidik yang tak terkendali di Indonesia, karena para lulusan lembaga pendidikan tidak dikader sejak dini untuk menjadi pencipta lapangan kerja atau berusaha secara mandiri, mereka cenderung lebih senang bekerja pada dan untuk orang lain. Lebih memprihatinkan lagi jika lulusan lembaga pendidikan kita tidak mampu mengolah potensi yang ada dan hanya sekedar menjadi penonton di negerinya sendiri.
Di samping permasalahan di atas, krisis ekonomi yang telah melanda perekonomian Indonesia mulai pertengahan tahun 1997 telah berdampak pada aspek kehidupan yang lain, seperti krisis politik, budaya, krisis kepercayaan, dan sebagainya. Kondisi ini mengakibatkan pola kehidupan masyarakat pun berubah. Tingkat kemiskinan semakin banyak, pengangguran juga semakin meningkat akibat adanya PHK, dan penghasilan riil masyarakat menurun karena naiknya harga-harga barang dan jasa. Menurut BPS, angka pengangguran terbuka pada Agustus 2007 mencapai 10,55 juta orang (9,11%) dari jumlah penduduk Indonesia, sedangkan jumlah penduduk miskin sebesar 37,17 juta (16,58%). Jumlah pengangguran lulusan perguruan tinggi tahun 2008 mencapai 740.206 orang. Kondisi di atas jika dibiarkan berlarut-larut akan memiliki dampak negatif yang semakin luas.
Keberadaan pendidikan kewirausahaan di sekolah, perguruan tinggi, masyarakat maupun keluarga menjadi sangat penting khususnya untuk mengatasi permasalahan tersebut di atas. Sebagai langkah awal untuk mewujudkan peran tersebut, selain memberikan mata kuliah Kewirausahaan, Universitas Hang Tuah mendirikan dan mengembangkan Laboratorium Kewirausahaan di bawah naungan Program Studi Administrasi Niaga Fakultas Ilmu Administrasi.

Bentuk
Laboratorium kewirausahaan menyelenggarakan dua divisi, yaitu: Klinik Konsultasi Bisnis dan Business Center.
Klinik Konsultasi Bisnis dibentuk dengan tujuan menyediakan layanan konsultasi bagi dunia usaha, khususnya UKM, sebagai perwujudan salah sat Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.
Business Center merupakan pusat pembelajaran, pendampingan dan pengembangan untuk menanamkan semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Business Center ini juga akan menjadi inkubator bisnis yang mendampingi para mahasiswa yang berminat atau sudah berwirausaha.

Lokasi
Laboratorium kewirausahaan berlokasi di Gedung IV Lantai 2 Universitas Hang Tuah Jl. Arif Rahman Hakim 150 Surabaya, Jawa Timur.

Kegiatan
Sebagai perwujudan visi, misi dan tujuan pendiriannya, Laboratorium Kewirausahaan bekerja sama dengan Forum Komunikasi dan Konsultasi Kemaritiman (FKK-M) mengadakan berbagai kegiatan, antara lain: magang dan bursa kerja, peninjauan kurikulum, penelitian terpadu, temu karya, pendidikan dan pelatihan kewirausahaan, bakti sosial berupa pelatihan keterampilan sebagai bekal berwirausaha, semiloka dan gelar produk, sertifikasi, konsultasi dan advokasi bisnis. Dengan adanya kerjasama antara Laboratorium Kewirausahaan dengan FKK-M tentunya diharapkan akan muncul sinergi yang mampu membantu para wirausahawan muda untuk lebih eksis dan berkelanjutan.
Selain dengan FKK-M, Laboratorium Kewirausahaan juga menjalin kerjasama dengan PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cab.Tanjung Perak. Sebagai salah satu BUMN yang cukup besar di Propinsi Jawa Timur, PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cab.Tanjung Perak ikut bertanggung jawab secara moral maupun materiil dalam mengatasi berbagai permasalahan seputar UKM di Jawa Timur melalui program corporate social responsibility (CSR). Secara konkrit, perusahaan ini telah memiliki Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Salah satu kegiatan PKBL adalah penyaluran dana pinjaman bagi UKM-UKM yang tersebar di Propinsi Jawa Timur dan bergerak di berbagai bidang usaha, antara lain: mebeler, pengrajin tas, kerajinan boneka, busana muslim, dan sebagainya. Namun masalah utama bagi UKM Indonesia sebenarnya bukanlah hanya masalah modal saja. Dari sejumlah UKM Mitra Binaan PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cab.Tanjung Perak, Universitas Hang Tuah akan mendampingi beberapa UKM yang bergerak di bidang kerajinan dengan status usaha kecil (omzet < Rp. 1 milyar per tahun) dalam hal manajemen dan penerapan teknologi tepat guna.

Struktur Organisasi
Kepala Laboratorium : Dhyah Harjanti, S.E., M.Si.
Tim Konsultasi dan Mentoring :
1. Bidang Manajemen Keuangan : Drs. Chasan Ashari
2. Bidang Manajemen Sumber Daya : Drs. Prajitno, M.A.P.
3. Bidang Manajemen Sistem Informasi : Drs. Winarto, M.Si.
4. Bidang Manajemen Pemasaran : Sri Hartati, S.Sos., M.AB.
5. Bidang Manajemen Produksi : Bagiyo Suwasono, S.T., M.T.
6. Bidang Hukum : Dhiana Puspitawati, S.H., L.L.M., Ph.D.
7. Bidang Teknologi Tepat Guna : Arif Winarno, S.T., M.T.

Penerima Manfaat
1. Mahasiswa Universitas Hang Tuah Surabaya
2. Pengusaha mikro dan kecil
3. Pemerintah
4. Masyarakat luas, terutama calon wirausahawan

 
LABORATORIUM KEBIJAKAN DAN MANAJEMEN PUBLIK
JURUSAN ILMU ADMINISTRASI PUBLIK
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
 

Laboratorium Kebijakan dan Manajemen Publik dibentuk berdasar kesadaran para civitas akademika di lingkungan Universitas Hang Tuah, khususnya Jurusan ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP ) untuk lebih mampu mempertajam proses edukasi yang diselenggarakan, sehingga output yang dihasilkan benar-benar merupakan jawaban atas berbagai masalah yang dihadapi di masyarakat. Disamping itu, memang sudah wáktunya bahwa proses pendidikan lebih membumi, dan keadaan ini telah dirumuskan oleh Departemen Pendidikan Nasional dengan mensyaratkan adanya proses pendidikan yang berbasis kompetensi.
Laboratorium Kebijakan dan Manajemen Publik diarahkan untuk mewujudkan tuntutan-tuntutan tersebut, Di awal pembentukannya, kegiatan Laboratorium difokuskan pada penyediaan sarana dan prasarana yang menopang proses belajar-mengajar di kelas. Mahasiswa diajak untuk berfikir kritis dan seolah berada di lapangan sesuai dengan bidang studi sosial yang ditekuninya. Untuk jangka menengah dan panjang, Laboratorium bertekad untuk memperluas cakupan kegiatan yang bersifat riset dan kegiatan lain yang mendukung,, seperti pelaksanaan seminar, pelatihan dan workshop dengan melibatkan berbagai pihak dan UHT maupun pihak di luar UHT.
Di bidang riset, Laboratorium lebih memfokuskan pada bidang Kebijakan dan Manajemen Publik. Hal ini mempertimbangkan spesifikasi di Jurusan Ilmu Administrasi Publik serta ketersediaan sumber daya manusia yang dimiliki Laboratorium.
Gagasan adanya Laboratorium Kebijakan dan Manajemen Publik yang ada sekarang merupakan rumusan yang dikembangkan oleh kelompok disiplin Ilmu Kebijakan Publik & Manajemen Publik. Salah satu isu penting yang berkembang adalah masalah “standarisasi pelayanan publik dan mengukur tingkat kepuasan publik terhadap suatu layanan kepada masyarakat”. Hal ini menjadi lebih penting dengan diterbitkannya Perda Provinsi Jawa Timur Nomor 11 Tahun 2005 tentang Pelayanan Publik di Provinsi Jawa Timur.
Guna menjawab permasalahan di atas, Laboratorium membuka ruang untuk mengembangkan daya kreasi dan inovasi sekaligus mengantisipasi perubahan kebutuhan yang menyangkut publik dengan SDM yang dimiliki. Disamping itu, Laboratorium merupakan salah satu dan ujung tombak Fakultas Ilinu Administrasi untuk mengembangkan riset tentang masalah/isu Kebijakan dan Pelayanan Publik. Laboratorium memperkaya dan meinperkuat khasanah penelitian tentang implementasi dan evaluasi kebijakan; analisis pelayanan serta merancang standarisasi pelayanan publik dan berbagai lembaga penyedia pelayanan publik. Bidang yang ditelitipun beragam, mulai dari masalah kesehatan, pendidikan, kemaritiman, otonomi daerah dan sebagainya.
Untuk menunjang kegiatan akademik di lingkungan UHT, Laboratonium berkeinginan menerbitkan Policy and Management Briefs yang merupakan executive summary hasil riset tentang isu kebijakan dan pelayanan publik. Laboratonium juga berusaha merangkul stakeholders lain di luar civitas akademika UHT seperti LSM, aparat pemenintah, anggota Dewan, businessman dan elemen masyarakat, terutama masyarakat pesisir untuk lebih mempertajam kegiatan akademik dan niset yang dilakukan.
Harapan ke depan, Laboratorium ini akan menjadi pusat/induk pengembangan kebijakan dan pelayanan publik, terutama di bidang kemaritiman, kelautan dan pemberdayaan pesisir serta pelayanan di sektor publik secara umum. Dengan semangat dan kerja keras dan semua anggota Laboratorium, maka Laboratorium siap menghadapi masa depan dengan lebih optimis sekaligus sebagai partner civitas Universitas Hang Tuah, khususnya Fakultas Ilmu Adrninistrasi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan riset yang berkapasitas internasional.

VlSI
Terbentuknya wadah pengembangan ilmu pengetahuan yang berbasis pada masalah/isu kebijakan dan manajemen publik.

MISI
1. Mengembangkan dan menstimulasi kegiatan akademis dan penelitian yang berkaitan dengan kebijakan dan manajemen publik.
2. Menjalin terselenggaranya hubungan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai institusi, baik di bidang akademik maupun pemerintahan guna memajukan ilmu pengetahuan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hang Tuah pada umumnya dan di Jurusan Ilmu Administrasi Publik pada khususnya.
3. Terselenggaranya fungsi pelayanan akademis yang ditujukan ke pengguna jasa dan fihak-fihak di dalam maupun di luar Universitas Hang Tuah.

TUJUAN
1. Menampung ide dan masalah yang berkaitan dengan kebijakan dan manajemen publik untuk selanjutnya bisa diangkat untuk menjadi penelitian guna menemukan jawaban atas masalah.
2. Mengembangkan sekaligus menyebarluaskan berbagai karya penelitian dan akademis yang muncul dan kegiatan Laboratorium menjadi karya yang bermanfaat untuk berbagai kalangan.
3. Membangun dan mengembangkan kerjasama di bidang akademis dan penelitian dengan berbagai universitas, institusi pemerintah, lembaga NGO baik dari dalam maupun luar negeri yang berkompeten dengan isu atau masalah kebijakan dan manajemen publik
4. Melayani kegiatan pratikum bagi para pengajar dan mahasiswa atau pihak luar untuk kegiatan akademik maupun penelitian.
5. Menyusun program kegiatan serta mengusahakan tersedianya fasilitas laboratium guna memenuhi kebutuhan akan pengembangan akademik dan penelitian masalah kebijakan dan manajemen publik.

PROGRAM KEGIATAN
Laboratorium Kebijakan dan Manajemen Publik mempunyai program kegiatan untuk jangka pendek, menengah atau panjang yang mana masing-masing dari program kerja ini wajib dievaluasi dan dipertanggungjawabkan secara berkala kepada Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Publik dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hang Tuah. Penjabaran Program Kegiatan Laboratorium Kebijakan dan Manajemen Publik dapat dilihat pada tabel berikut.

 

TABEL 1
PROGRAM KEGIATAN
LABORATORIUM KEBIJAKAN DAN MANAJEMEN PUBLIK
 

JANGKA
PENDEK

 

 

 

  1. Mengadakan pertemuan rutin yang diikuti oleh seluruh anggota laboratorium
  2. Tersusunnya alur manajemen kerja yang sederhana
  3. Mengusahakan kelengkapan fasilitas laboratorium berupa buku, jurnal, CD hasil penelitian, kopi, tape recorder, kaset, dan lain-lain yang mana daftar item  fasilitas bisa disusulkan seiiring dengan berjalannya kegiatan
  4. Menjajaki kerjasama dengan berbagai fihak yang bisa mengarah pada terlaksananya penelitian dan tersedianya kelengkapan sarana-prasarana laboratorium
  5. Merintis terbangunnya kerjasama dengan berbagai fihak guna terselenggaranya pelatihan, seminar dan workshop yang berbasis pada masalah/isu kebijakan dan manajemen publik
  6. Menyediakan sarana pratikum dan perkuliahan bagi mahasiswa.

JANGKA
MENENGAH

  1. Adanya funding yang bersedia membiayai penelitian di bidang kebijakan dan manajemen publik
  2. Terbangunnya kerjasama tetap dengan berbagai instansi yang mendukung kegiatan baik di bidang belajar-mengajar maupun penelitian yang dipusatkan pada laboratorium kebijakan dan manajemen publik
  3. Terselenggaranya aktivitas rintisan di bidang akademik seperti pelatihan dan workshop
  4. Merintis terwujudkan media publikasi

JANGKA PANJANG

  1. Terwujudnya kegiatan penelitian yang sudah bisa memberi keuntungan pada laboratorium, baik secara material maupun non-material dengan fihak dari dalam dan luar negeri
  2. Terbangunnya kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai instansi baik dari dalam maupun luar negeri untuk kegiatan akademis seperti konferensi, pelatihan dan seminar
  3. Mempunyai badan publikasi sendiri dengan tugas utamanya menyebarluaskan output kegiatan penelitian
STRUKTUR ORGANISASI
Pada dasarnya struktur organisasi ini dibuat untuk memudahkan pembagian tanggung jawab atas program kegiatan yang dipusatkan di Laboratorium Kebijakan dan Manajemen Publik. Di dalam pelaksanaannya, struktur organisasi bersifat fleksibel dan cenderung memacu terbentuknya networking dan tiap bagian dan divisi yang sudah dibentuk.
 
 

Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) dari masing-masing bidang adalah sebagai berikut.

Kepala Laboratorium
1. Mengkoordinasi, memonitor dan mengevaluasi seluruh kegiatan yang berada di Laboratonum Kebijakan dan Manajemen Publik
2. Mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan secara vertikal ke pihak fakultas dan universitas maupun secara horisontal ke pihak pengguna (partner kerja)
Bidang SDM (Sumber Paya Manusia)
1. Mengkoordinir, membimbing dan mengarahkan sumber daya manusia yang terkait dengan kegiatan akademis dan penelitian yang dipusatkan di Laboratorium.
2. Mengadakan rekrutmen, latihan dan pengawasan terhadap peneliti yunior dan peneliti lapangan
3. Mendorong efektivitas kegiatan di masing-masing unit kegiatan
Bidang Penelitian
1. Menggali ide dan seluruh peneliti Laboratorium ataupun fihak luar sehingga bisa menumbuhkan aktivitas penelitian
2. Membangun terjalinnya kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai fihak, terutama yang ditujukan untuk pelaksanaan penelitian.
3. Memonitor dan melaporkan kegiatan penelitian yang terlaksana di bawah tanggung jawab Laboratorium
4. Mengumpulkan data penelitian yang bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswa maupun peneliti di Laboratorium Kebijakan dan Manajemen Publik

Bidang Human Relations
1. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai fihak baik dari dalam dan luar negeri guna menghasilkan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi Laboratorium.
2. Mempromosikan dan menyebarluaskan kegiatan Laboratorium ke berbagai fihak
Divisi Kebijakan Publik
1. Mengembangkan kegiatan yang bersifat penelitian yang berkaitan dengan topik kebijakan publik
2. Mengadakan kerjasama dengan instansi pemerintah, NGO dan akademisi baik dan dalam maupun luar negeri demi terselenggaranya kegiatan akademis seperti pelatihan dan workshop yang berbasis pada masalah kebijakan publik.

Divisi Manajemen Publik
1. Mengembangkan kegiatan yang bersifat akademik dan penelitian yang berkaitan dengan topik manajemen publik
1. Mengadakan kerjasama dengan instansi pemerintah, NGO dan akademisi baik dan dalam maupun luar negeri demi terselenggaranya kegiatan akademis seperti pelatihan, workshop yang berbasis pada masalah manajemen publik.

FASILITAS DAN PERPUSTAKAAN
Di dalam menjalankan kegiatan di bidang akademik dan riset, Laboratorium Kebijakan dan Manajemen Publik didukung oleh sarana prasarana, yakni sejumlah komputer, PC, OHP, LCD, dan fasilitas perpustakaan yang sekarang memiliki lebih dan 1000 buku dan lebih dari 500 hasil penelitian. Untuk processing data, laboratorium memiliki sejumlah program SPSS terbaru sehingga data yang dihasilkan valid dan reliable.

PROFILE STAF PENELITI

Dra. Sri Umiyati, Msi
Lahir Surabaya tanggal 16 September 1963 dan menyelesaikan program S-2 nya di Universitas Airlangga dengan konsentrasi Pengembangan Sumber Daya Manusia. Di Laboratorium lebih berkonsentrasi mengembangkan studi di bidang Manajemen Publik. Hasil karya ilmiah dan riset yang dthasilkannyapun lebih banyak mengangkat topik seputar pelayanan publik dan pengukuran kinerja sebuah institusi.
Riset yang pernah dilakukannya antara lain: Pengembangan Model Karir Pegawai Negeri Sipil (PNS)TNI-AL di Ujung Surabaya, Peranan Kualitas Pelayanan PT. ASDP (persero) terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Penyeberangan Ujung-Kamal Cab. Utama Surabaya serta Peran dan Kontribusi Sumber Daya Manusia dalam Pencapaian Misi dan Visi Organisasi/Perusahaan, Surabaya.

Drs. H. Pramana Hadi Soesanta, M.Si
Lahir di Madiun tanggal 3 Februari 1942 dan menyelesaikan studi S-2 di Universitas Brawijaya. Mengawali kariernya di lingkungan militer TNI AL dan aktif di dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan kelautan.
Di Laboratorium, eksis dan concern di bidang pembangunan, dan berupaya pada pengembangan pelatihan nasional dan internasional agar bermanfaat tidak hanya untuk civitas akademik di lingkungan UHT, juga disebarluaskan ke masyarakat nasional dan internasional.

Drs. Agus Subianto., MSi
Merupakan salah satu peneliti senior di Laboratorium Kebijakan dan Manajemen Publik. Beliau lahir di Surabaya tanggal 23 Agustus 1961 dan menyelesaikan studi S-2 di Universitas Gadjah Mada, dan telah selesai program Doktor di Universitas Gadjah Mada (S-3) pada tahun 2009 dengan topik potensi konflik di masyarakat pesisir. Di bidang riset, sangat konsentrasi yang besar pada kebijakan kemaritiman dan kebijakan lain yang berhubungan langsung dengan kemaritiman nasional. Menurut beliau kebijakan di bidang kemaritiman selama ini belum banyak memberi peluang pada peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan pada khususnya dan peningkatan sumber daya kelautan di Indonesia pada umunrnya.
Beberapa penelitian yang pernah dihasilkan antara lain: Peningkatan Status Pemb. Walikota Menjadi Kotatip, Kotamadya Surabaya, Penyusunan Pengukuran Satuan Perencanaan untuk Kegiatan Non Fisik Mengacu Anggaran Berbasis Kinerja, Propinsi DKI Jakarta Raya, Penyusunan Profil 8 Kabupaten/Kota Pesisir di Jawa Timur.

Dra. Sri Wahyuni, MSi
Alumni Universitas Airlangga tahun 1996 dengan konsentrasi di bidang Politik dan Pemerintahan Indonesia ini lahir di Madiun tanggal 8 Mei 1963. Pengalamannya di bidang akademik dan penelitian tidak perlu diragukan lagi. Berpengalaman mengajar sejak tahun 1987 di Universitas Hang Tuah dan menjadi dosen luar biasa di beberapa universitas swasta di Surabaya, juga lama berkecimpung di Akademi Angkatan Laut Surabaya.
Di bidang penelitian Laboratorium Kebijakan dan Manajemen Publik, beliau berkonsentrasi pada isu-isu dan masalah kebijakan publik. Beberapa hasil penelitiannya antara lain Implementasi Program Pembangunan RSS dan Dimensi Partisipasi Masyarakat Pesisir dalam Program Pengembangan Kecamatan..

Dewi Casmiwati, SIP., M.Si
Lahir di Madiun, 29 Desember 1976 dan menyelesailkan program S-1 dan S-2 di Universitas Gadjah Mada. Pengalamannnya di bidang riset sudah terasah sejak bergabung di Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM. Disamping itu pengalamannya bekerjasama dengan para praktisi di sejumlah departemen sangat mendukung kegiatan akademik dan penelitian di Laboratorium.
Selama ini, sangat aktif menulis artikel di media seputar politik nasional, masalah perempuan serta melakukan beberapa kolaborasi riset dengan peneliti di luar UHT. Beberapa riset yang pernah dilakukannya adalah mengenai implementasi proyek P3T (Pengembangan Padi Terpadu) di Kabupaten Madiun, menjadi editor untuk penelitian Tragedi di balik Perdagangan Amoy Singkawang, Paedoffia dan Jaringan Perdagangan Anak di Bali dan Bisnis Seks, HIV/ AIDS dan Tantangan Penegakan Hukum.
Seminar di tingkat nasional maupun internasional pernah diikuti, diantaranya Pemberdayaan Masyarakat Indonesia menuju Madani di Chiba, Jepang, Pekerja Migran di Luar Negeri: Para Wanita Perkasa dan CITIZEN CHARTER: The New Paradigm in Public Service in Indonesia.

Sasmito Jati Utama., S.Sos, MAP
Menyelesaikan studi S-1 dan S-2 nya di Universitas Hang Tuah, dengan spesialisasi Administrasi Publik dengan konsentrasi Kebijakan Maritim. Di Laboratorium, eksis pada divisi penelitian, dan sangat aktif di dalam mengembangkan program penelitian, terutama masalah pemberdayaan masyarakat pesisir dan kemaritiman. Keaktifan beliau di beberapa pusat studi dibawah lingkungan UHT, LSM, dan konsultan memberi kontribusi yang besar terhadap pengembangan penelitian Laboratorium.
Dosen yang lahir di Semarang, tanggal 19 Januari 1976 berkeyakinan bahwa, di Laboratorium Kebijakan dan Manajemen Publik merupakan kegiatan yang menantang. Disamping dapat dipergunakan untuk mengaktualisasikan kemampuan, juga bisa mengembangkan pengetahuan melalui berbagai kegiatan yang dilakukan.
Beberapa Penelitian hasil penelitian antara Lain: Implementasi Kebijakan Tata Ruang Kota Surabaya, Rancang Bangun Percepatan Pengembangan Usaha Kecil Berbasis Jaringan Ekonomi Kerakyatan Di Jatim, Penyusunan Dokumen Penguatan Ekonomi Masyarakat Sekitar Kawasan Hasil Industri Tembakau, Rancang Bangun Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir Pulau Gili Ketapang Kabupaten Probolinggo, Implementasi Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir Kota Surabaya, Eksistensi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Dalam Menunjang Pemasaran Hasil Perikanan Tangkap, Peran Juragan Dalam Dimensi Sosial Kelembagaan Masyarakat Nelayan, Analisis Nilai Tukar Nelayan Sebagai Dasar Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Kabupaten Lamongan, Identifikasi Kawasan Perbatasan Propinsi Irian Jaya Barat, Tipologi Bagi Hasil Perikanan Tangkap Nelayan Kota Surabaya dan beberapa penelitan lainnya yang diterbitkan jurnal Aplikasi Adaministrasi maupun seminar tahunan kelautan nasional UHT.

Dicky Putra Mada, SIP., M.SI
Lahir di Denpasar, Bali tanggal 18 Januari 1945. Beliau menyelesaikan studi S-2 di Universitas Hang Tuah, Surabaya dengan Konsentrasi Kebijakan Maritim. Latar belakang beliau yang berasal dan TNI AL membeni konstnibusi yang besar dalam kegiatan Laboratorium, khususnya masukan dan pengeinbangan ilmu di bidang kelautan secara praktis dan teoritis.
Pak Dicky juga sangat aktif di berbagai pelatihan baik tingkat nasional maupun internasional, diantaranya mengenai Business Process Reeingineering and Regeneration Strategy di Jakarta, Merchant Navy Fire Fighting Course, South Shield, Basic New Survival Course, South Tyneside dan Royal Fleet auxiliary Navigation Control Course, Polytechnic.
Di Laboratorium sangat berperan di dalam mengembangkan kegiatan penelitian dan akademik bidang kelautan dan kemaritiman. Selain itu beliau sangat aktif mendukung kegiatan kehumasan.

PROFILE LABORAN

Rezky Herdhitya Pratama

Rezky Herdhitya Pratama lahir di Surabaya pada tanggal 29 Desember 1986. Terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Administrasi Publik pada tahun 2006. Pengalaman Organisasinya adalah wakil ketua ranting PDIP periode 2005 - 2010, sekretaris TIM 28 BAPPILU PDIP tahun 2009, panitia pelaksanaan pertandingan Persebaya musim 2008 - 2009, dan ketua DPMF (dewan perwakilan mahasiswa fakultas) periode 2008 - 2009.

Adityo Nugroho
Adityo Nugroho lahir di Surabaya pada tanggal 8 Agustus 1985. Saat ini bertempat tinggal di Perum Wisma Sarinadi Jl. Polo Air H/12 Sidoarjo. Pada tahun 2006 terdaftar sebagai mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Administrasi Bisnis. Pengalaman organisasinya antara lain adalah presiden BEM Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik periode 2008 - 2009, ketua karangtaruna periode 2009 - 2010, ketua sie kaderisasi UKMKI 2008 - 2009.

Anita Fitriyah
Anita Fitriyah lahir di Sidoarjo pada tanggal 7 Juni 1988. Terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Administtrasi Bisnis pada tahun 2006. Pengalaman organisasinya antara lain adalah ketua pemilihan presiden BEM periode 2008 – 2009 dan sekretaris DPMF (dewan perwakilan mahasiswa fakultas) periode 2008 - 2009.

Faridatul Sholikha
Faridatul Sholikha lahir di Surabaya pada tanggal 25 Januari 1987. Pada tahun 2007 terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Administrasi Publik. Pengalaman organisasinya antara lain adalah sekretaris IPPNU sejak tahun 2006 – sekarang dan anggota BEM Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik divisi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) periode 2008 - 2009.

Devi Fatma Sari
Devi Fatma Sari atau lahir di Surabaya pada tanggal 20 Desember 1989. Terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Administrasi Bisnis pada tahun 2007. Pengalaman Organisasinya adalah bendahara karangtaruna.

Lesi Meta Eldiza
Lesi Meta Eldiza lahir di Tulung Agung pada tanggal 3 September 1988. Terdaftar sebagai mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Administrasi Bisnis pada tahun 2007. Aktif diberbagai organisasi antara lain adalah sekretaris Karang Taruna periode 2004 -2007, koordinator divisi kesenian Karang Taruna periode 2007 - 2010, anggota UKM Dayung Seguni Universitas Hang Tuah Surabaya tahun 2007 - sekarang, koordinator modern dance UKM Tari Gita Jala seni tari Universitas Hang Tuah Surabaya periode 2008 - 2009, anggota BEM Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik divisi kemahasiswaan periode 2008 - 2009, sekretaris majalah OMBAK (majalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) tahun 2008 - sekarang, bendahara SDBR PART IV (Seguni Dragon Boat Race) 2009. Selain aktif diberbagai organisasi juga aktif sebagai wartawan sebuah majalah tentang traveling yang didirikannya bersama teman – temannya pada tahun 2007.

 
Aktifitas Kegiatan
 
Reserch Mahasiswa tentang kontribusi Pengolahan Hasil Perikanan secara ekonomi bagi Pendapatan Nelayan

Reserch Mahasiswa tentang Efektifitas Pengelolaan Sampah di Kota Surabaya

Diskusi Reserch Mahasiswa dengan Pembimbing